PRODUK

Kamis, 12 Agustus 2010

6.125 Sarjana Telah Ikuti Sosialisasi Wirausaha

BANDUNG, KOMPAS.com - Sejak dijalankan pada Desember 2009, Program Seribu Sarjana Wirausaha telah melibatkan 6.125 peserta. Mereka mengikuti sosialisasi dan sekitar 350 orang dari jumlah itu sudah mengajukan proposal rencana bisnis usahanya.

Asisten Deputi Urusan Monitoring dan Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Marjoko Pratomo disela-sela diskusi panel bertema Pengembangan Entrepreneurship Untuk Mendorong Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia Jawa Barat di Universitas Widyatama, Bandung, Selasa (27/7/2010), mengatakan, pemerintah mengadakan program untuk mencetak 1.000 sarjana wirausaha di setiap provinsi.

Kementerian KUKM mengajak pemerintah daerah untuk menerapkan program itu di wilayahnya. Dari 33 provinsi, sebanyak 12 provinsi sudah berpartisipasi. Tahap program Seribu Sarjana Wirausaha diawali dengan sosialisa si. Mereka yang berminat diminta untuk membuat rencana bisnis dilanjutkan dengan bimbingan dan pelatihan. Rencana yang dinilai layak akan diupayakan mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan.

"Kami lihat, mereka mau membuat usaha apa. Akses ke lembaga keuangan juga bisa didapatkan dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB)," katanya.

Soal jumlah dana yang disalurkan untuk setiap wirausaha, Marjoko menjelaskan, angkanya tak ditentukan. Pinjaman itu tergantung dari ukuran bisnisnya. "Nama program yakni Seribu Sarjana Wirausaha hanya ikon. Kalau lebih dari 1.000 peserta di setiap provinsi, lebih bagus," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar