PRODUK

Selasa, 23 Maret 2010

Tahun 2010 Bisnis Industri Kreatif Makin Berkibar

Tahun 2010, banyak pihak meramal, industri kreatif akan semakin berkibar seiring pulihnya ekonomi global. Industri fesyen dan kerajinan masih akan menjadi kontributor utama. Adapun produk film, animasi, serta musik mempunyai peluang tumbuh lebih kencang.

Sejak pemerintah mencanangkan tahun 2009 sebagai tahun Indonesia Kreatif, industri kreatif di Tanah Air tumbuh menjadi semakin beragam. Sedikitnya, pemerintah pun telah menggelar 25 pameran produk kreatif.

Terakhir, pada pertengahan Desember tahun lalu, Pameran Mutumanikam diselenggarakan di Jakarta. Berkat liputan luas berbagai media massa, masyarakat pun kini semakin memahami seluk beluk industri kreatif berikut aneka jenis produknya.

Merujuk definisi Departemen Perdagangan (Depdag), industri kreatif merupakan penopang ekonomi kreatif yang berbasis pada 14 subsektor. Sebut saja periklanan, penerbitan dan percetakan, televisi dan radio, musik, seni pertunjukan, arsitektur, desain, dan fesyen. Selebihnya adalah industri kerajinan, pasar barang seni, permainan interaktif, layanan komputer dan peranti lunak, penelitian dan pengembangan, serta film, video, dan fotografi.

Dari 14 subsektor tersebut, industri fesyen dan industri kerajinan paling menonjol kontribusinya sejak tahun 2002 sampai tahun 2008. Kedua subsektor industri kreatif ini diperkirakan akan terus memberi kontribusi terbesar, tahun depan. Perkembangan industri kreatif pada tahun 2010 khususnya industri fashion, seperti busana, sepatu, dan perhiasan masih bisa berkembang lebih besar.

Sebetulnya, industri kerajinan dan fesyen sempat meredup pada 2008 akibat guncangan krisis ekonomi global. Tapi, industri kerajinan kembali menggeliat lantaran produknya terserap pasar lokal serta mendapat pasar baru di Afrika dan Timur Tengah.

Sementara produk fashion mulai pulih pada akhir 2009. Kebangkitan industri ini tak lepas dari andil peritel yang kerap menggelar diskon tengah malam serta adanya momen hari raya seperti Lebaran, Natal, dan tahun baru.

PAda tahun 2010 akan ada tiga kategori industri yang berkembang. Pertama, industri jasa, termasuk di dalamnya film, animasi, iklan, dan musik. Kedua, industri barang, seperti produk fesyen, distro, dan kerajinan. Ketiga, industri berbasis pertanian.

Ketiga kategori ini bakal jadi tren karena menghasilkan produk yang lebih matang. Sementara melalui Depdag, pemerintah sendiri akan lebih fokus mengembangkan industri kreatif berbasis budaya dan teknologi, seperti industri desain kemasan, animasi, penerbitan dan percetakan, film, musik, dan peranti lunak. Pemerintah juga membidik beberapa pasar baru, seperti Ceko, China, Spanyol, Argentina, Afrika Selatan, Maroko, dan Singapura. (email milist Motivasi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar